Cegah Penyebaran Covid-19, IPAMATRA Gelar Ritual Keagamaan “Tolak Bala”

  • Bagikan

KABARANDALAN.COM, GAYO LUES –Sejumlah Pemuda yang tergabung dalam Organisasi Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Kecamatan Terangun (IPAMATRA) menggelar ritual keagamaan “Tolak Bala” yang berlangsu di Masjid As-Syakirin, Terangun, Sabtu malam (05/06/21).

“Acara tolak bala ini guna untuk menangkal penyebaran atau bahaya Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19,” Kata Ketua umum Ikatan Pemuda Mahaiswa Trangun (IPAMATRA), Mustami Atraja SM, kepada kabarandalan.com, Sabtu (05/06/21).

“Tradisi tersebut sebenarnya telah lama ada, dan akan kita jaga serta lestarikan di bumi Gayo Lues.” ujarnya.

Ia juga Menyebutkan, AcaraTolak bala tersebut sebenarnya sudah lama direncanakan dengan konsep berkeliling desa bersama warga setempat dengan berdzikir, shalawat dan memanjatkan doa tolak bala yang disertai dengan membawa obor.

“karena sesuatu dan lain hal kegiatan tersebut sempat tidak bisa terlaksanakan.” Katanya.

“Akan tetapi berkat kerjasama berbagai pihak, acara tolak bala dapat berlangsung dengan rangkaian aktivitas berupa shalat berjamaah, membaca Yasin sebanyak 3 kali, Shalawat hingga do’a tolak bala bersama,” Sebut Mustami.

Dalam kesempatan yang sama, Tokoh Agama Terangun, Tengku Amiruddin, mengatakan acara tolak bala yang kita gelar ini kita niatkan sebagai langkah ikhtiar dari IPAMATRA untuk menjaga desa.

“Tujuannya agar masyarakat terhindar dari berbagai bencana dan wabah virus corona yang saat ini menjadi kewaspadaan penduduk desa,” Kata Amiruddin.

Dengan terselenggarakan doa tolak bala, Diharapkan segala bencana alam maupun virus tidak masuk ke Desa.

Sehingga masyarakat merasa lebih tenang saat menjalankan kegiatan kesehariannya tanpa terus dibayang-bayangi virus corona, Tutupnya. (Itawani)

Editor: S.03

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 4x130