Demi Menjaga Aset Negara, IPNR Nagan Raya Dukung Bupati Kumpulkan Kenderaan Dinas dan Didata Ulang

  • Bagikan
Ishani, Ketua Ikatan Pemuda Nagan Raya (IPNR)

KABARANDALAN.COM, Suka Makmue – Ikatan Pemuda Nagan Raya (IPNR) mendukung Bupati Nagan Raya mengumpulkan kendaraan Dinas dan didata kembali aset Negara tersebut

Hal tersebut dikatakan Ishani selaku Ketua Ikatan Pemuda Nagan Raya pada kabarandalan.com melalui sambungan seluler miliknya

“Kita mendukung pengumpulan kendaraan dinas oleh bupati nagan raya dan kemudian didata kembali guna menjaga aset negara dan antisipasi disalahgunakan sebagai kendaraan pribadi oleh oknum-oknum tertentu,” ucap ishani pada awak media kabarandalan.com. Sabtu sore (7/8/2021)

Sebelumnya, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Nagan Raya, Banta Diman, M.Si mendesak Bupati Nagan Raya untuk segera menggelar Apel Kendaraan Dinas gabungan pada seluruh organisasi perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Nagan Raya, guna untuk dilakukan pendataan kembali, menginventarisir, dan juga penggunaannya.

Baca Juga:  Hari Lansia Nasional, Bupati Nagan Raya Minta Orang Tua Tetap Jaga Kesehatan Dalam Masa Pandemi Covid-19

“Kami desak Pak Bupati untuk segera melaksanakan Apel gabungan  kenderaan Dinas di semua OPD, agar semua aset kendaraan tersebut ter-inventarisir, terawat, terdokumentasi kelengkapan surat-suratnya, dan digunakan sesuai aturan sama orang yang tepat. Caranya, kumpulkan semua kendaraan dinas itu dilapangan terbuka, ujar Banta Diman kepada Kabarandalan, Sabtu (7/8/ 2021)

Menurut Ketua KNPI, selama ini manajemen aset  kenderaan Dinas di  instansi Pemerintahan Kabupaten Nagan Raya,  sistim pengelolaannya masih terlihat belum efektif dan efisien.

“Sepengetahuan kami masih ada kenderaan-kenderaan Dinas yang masih layak pakai tapi rusak terpajang di parkiran kantor, agar lebih efektif kenderaan tersebut diperbaiki saja, kan lebih efisien juga dari pada nanti diusulkan lagi dalam APBK,” ujar Banta.

Baca Juga:  Pemkab Nagan Ikuti Intruksi Gubernur, Cutman Menilai Perpanjangan Belajar di Rumah Sudah Tepat

Disisi lain, bukan hanya tentang aset kendaraan dinas, pihaknya juga mendesak Bupati agar memerintahkan kepala Dinas yang membidangi aset Daerah,  agar Dinas tersebut dapat segera menerapkan pola manajemen yang lebih modern, terkoordinasi, terintegrasi, transparan dan lebih bertanggung jawab, pasalnya menurut Banta, bila manajemen pengelolaan aset daerah buruk,  maka hal tersebut  sangat rentan berpotensi terjadi suatu penyelewengan aset daerah.

“Dan lagi, salah satu penyebab terjadi defisit anggaran daerah juga bisa disebabkan oleh pengelolaan aset yang amburadul, karena pengambilan keputusan pembiayaan daerah ada analisa aset segala macam disitu, ya kecuali gak dipakek hitung hitungan tersebut, pasti masalah jadinya,” tambah Banta.

Baca Juga:  Warga Meunasah Teungoh Nagan Raya Terima BLT Tahap II

Demi kemajuan Nagan Raya kedepan, Ia juga memohon sangat kepada lembaga DPRK Nagan Raya untuk lebih meng-optimalkan lagi fungsi dan peran legislatifnya- agar perencanaan, perlindungan regulasi, serta Pengawasan aset daerah benar-benar terkelola dengan baik dan bertanggung jawab.

“DPRK, mohon peran dan fungsinya secara optimal, karena anda dibayar Rakyat untuk bertanggung jawab disitu,” harap Banta Diman  kepada lembaga Wakil Rakyat. (Red/D)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *