Gubenur Definitif Semangat Terwujudnya Visi Aceh Hebat

  • Bagikan

Oleh : Dr. Murni, S.Pd,I., M.Pd, (Alumni Doktoral Pascasarjana UIN Ar-Raniry).

KABARANDALAN.COM, BANDA ACEH – Insya Allah, ini adalah kabar gembira kepada masyarakat Aceh bahwa, Ir. H. Nova Iriansyah, MT besok Kamis, 5 November 2020 akan dilantik sebagai Gubernur Aceh definitif pada sisa masa jabatan 2017-2022 oleh Mendagri Tito Karnavian. Selamat dan sukses kepada bapak Gubernur Ir. H. Nova Iriansyah, MT.

Berbagai harapan dan hasrat datang dari jutaan masyarakat Aceh kepadanya. Wajar dan sangat manusiawi, semua menginginkan akan kondisi masa depan Aceh yang lebih baik. Saat ini, Indonesia umumnya dan Aceh khususnya sedang mewabahnya Covid-19. Tentunya, bukan tugas yang mudah bagi seorang Gubernur dalam menghadapi Covid-19, belum lagi persoalan lain yang harus dibenahi satau persatu.

Insya Allah, keinginan baik Gubernur Aceh untuk bekerjasama dengan seluruh stakeholder, pihak-pihak terkait dan juga kepercayaan penuh dari seluruh lapisan masyarakat Aceh akan melahirkan energi yang positif dalam membangun Aceh dari berbagai sektor ke arah yang lebih baik akan segera terwujud. Didukung lagi dengan Program Pemerintah Aceh melalui visi dan misi Aceh Hebat yang sedang berlangsung. Maka bertambah sempurnanya kebahagiaan jutaan masyarakat Aceh.

Baca Juga:  Kisruh Darussalam Mencoreng Perdamaian Aceh

Dalam membangun Aceh ke arah yang lebih baik, Plt. Gubernur sering meminta para ulama agar selalu membantu umara, dan ada upaya saling menguatkan di antara keduanya.

Lebih kurang selama tiga tahun memimpin, Pemerintah Aceh melalui 15 program unggulan dalam visi Aceh Hebat yang diusung telah menorehkan beberapa capaian prestasi diantaranya adalah : Penghargaan Internasional, 64 Penghargaan Nasional dan 3 Penghargaan swasta. Capaian lainnya adalah, Penurunan Kemiskinan berkurang 62.850 Jiwa. Tenaga Kerja Industri 112.300 orang.

Realisasi Dana Desa 99% tepat waktu serta rumah layak huni telah dibangun 8.233 unit. Pada sektor Aksesibilitas dan Kualitas Kesehatan yaitu: Akreditas 27 RSUD (100%), Akreditasi 335 Puskesmas (93%), JKN 100%, ditanggung JKA 2,1 Juta Jiwa, Penanganan Covid-19 jadi Tusi SKPA dan Lintas Sektoral. Pada sektor Peningkatan Ketahanan Pangan dan Energi yaitu : Cetak sawah baru 4.000 Ha.

Kawasan perikanan 291 kluster. Listrik rumah sederhana 8.777 RT dan Aceh masuk dalam 10 Provinsi penghasil beras tertinggi nasional. Di sektor Peningkatan Pelaksanaan Syariat Islam dan Kualitas Pendidikan yaitu: Pemberian beasiswa kepada 304.000 orang.

Baca Juga:  Simpang Itu (Tidak) Mesra Lagi

Membangun dan rehab Masjid/Meunasah 1.650 unit. Pembangunan dan peningkatan Dayah 2.000 uni. Pemberian tunjangan Sertifikasi guru/pengawas 22.000 orang. Di sektor Peningkatan Investasi Nilai Tambah dari Sektor dan Ekonomi Kreatif yaitu : IKM dari 32.000 menjadi 39.000. kunjungan wisatawan 7,4 juta orang. Industri kreatif dari 20.000 menjadi 22.000 orang. Pada sektor Optimalisasi SDA Berkelanjutan dan Penurunan Risiko Bencana yaitu: Kualitas lingkungan menjadi 77,72%. Melanjutkan moratorium izin tambang.

Pertumbuhan Ekonomi hijau 113.000 Ha melibatkan 14.600 KK. Di sektor Peningkatan Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi yaitu: Layanan E-Government 7 Aplikasi. SK kenaikan pangkat ASN diserahkan tepat waktu. Inovasi dan etos kerja ASN: Bereh, donor darah, buku kerja. PPID Aceh meneria penghargaan Nasional 7 kali berturut-turut. Pada sektor Penguatan Perdamaian yaitu: Penguatan KKR Aceh. INGUB bagi lahan kepada korban konflik. KEPGUB Reparasi Korban Pelanggaran HAM. Hibah tanah 14.625 M2 Museum Perdamaian. (Sumber Data : www.humas.acehprov.go.id).

Selain torehan capaian prestasi di atas, baru-baru ini Pemerintah Aceh melalui Dinas Perhubungan Aceh sukses meluncurkan KMP Aceh Hebat 1 pada Sabtu, 3 Oktober 2020. Dua minggu kemudian, diluncurkan lagi KMP Aceh Hebat 2 pada Jum’at 16 Oktober 2020 di galangan kapal Madura. Satu lagi, KMP Aceh Hebat 3 yang masih dalam proses pembangunan di Galangan PT. Citra Bahari Shipyard di Tegal, Jawa Tengah. Dengan adanya 3 unit KMP Aceh diharapkan mampu memperkuat konektivitas maritim di Aceh.

Baca Juga:  Demi Menjaga Aset Negara, IPNR Nagan Raya Dukung Bupati Kumpulkan Kenderaan Dinas dan Didata Ulang

Termasuk pengembangan potensi ekonomi wilayah, pariwisata, mengurangi kesenjangan pembangunan antara wilayah daratan dengan kepulauan di Aceh. Juga, kebutuhan evakuasi dan distribusi logistik kemanusiaan dari dan ke wilayah kepulauan di Aceh, mengingat Aceh sebagai daerah yang rawan bencana.

Selain prestasi-prestasi yang telah dicapai di atas, masyarakat Aceh juga sangat berharap kepada Bpk Gubernur defenitif Ir. Nova Iriansyah, MT dalam masa jabatan 2017-2022 untuk mempercepat menuntaskan kemiskinan di Aceh, pendidikan berkualitas, menaikkan laju pertumbuhan ekonomi, layanan kesehatan yang bagus, kesejahteraan sosial masyarakat, meningkatkan prestasi Olahraga, upaya hukum yang lebih tegas terhadap pelaku kekerasan Anak dan Perempuan yang akhir-akhir ini sering terjadi di Aceh. Masih banyak permasalahan lainnya yang perlu diperhatikan dan dituntaskan oleh bapak Gubernur Aceh. Semoga semua permasalahan dapat terealisasi di akhir sisa jabatan dalam dua tahun ke depan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *