Hari Anak 2021, Asib Amin ; Ditengah Pandemi Hak Anak Tetap Harus Terpenuhi

  • Bagikan

KABARANDALAN.COM, BANDA ACEH – Selamat memperingati hari anak Nasional, selamat hari anak untuk semua anak-anak Indonesia. Semoga peringatan hari anak bukan hanya sebatas peringatan dan seremonial belaka, namun lebih dari itu peringatan hari anak menjadi momentum bagi semua pihak terutama orang tua untuk menjamin pemenuhan hak-hak anak.

Hal tersebut disampaikan oleh Drs. H. Asib Amin, Wakil Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dari Fraksi Partai Gerindra kepada kabarandalan.com, Jum’at, (23/07/2021).

Baca Juga:  Bupati Nagan Raya Jemput Jenazah Septia Ulfa Lestari

Politikus Partai Gerindra ini menambahkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di masa pandemi Covid-19 ini adalah momentum untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus terhadap anak.

Asib Amin menyebutkan, ada beberapa hak mendasar anak yang tidak boleh direnggut meski saat ini kita sedang berada dalam kondisi pandemi Covid-19.

Pertama hak perlindungan, setiap anak memiliki hak perlindungan dari perlakuan yang dapat membahayakan dirinya seperti tindakan diskriminasi, kekerasan seksual, penganiayaan, penelantaran serta perlakuan yang tidak adil. Termasuk melindungi anak dari penularan virus Covid-19.

Baca Juga:  Asib Amin Ucapkan Selamat Pada Kapolda Aceh Yang Baru dan Sampaikan Beberapa Hal

Kedua hak pendidikan, pendidikan penting bagi setiap anak, meski dalam kondisi pandemi, setiap orang tua wajib menjamin dan memastikan bahwa hak pendidikan terhadap anak terpenuhi, meskipun melalui sekolah secara daring, hal ini penting untuk pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya.

Ketiga hak bermain dan rekreasi, setiap anak memiliki hak bermain dan rekreasi, meskipun pemerintah mengajurkan masyarakat untuk lebih banyak berdiam diri dirumah, namun hal tersebut jangan sampai merenggut hak anak untuk bermain dan berekreasi, para orang tua bisa menginisiasi bagaimana anak tetap bisa melakukan aktifitas bermain dan rekreasi sekalipun dirumah maupun dilingkungan sekitar rumah.

Baca Juga:  Asib Amin Minta PLTU dan MIFA Perbaiki Jalan Rusak

Hal tersebut merupakan hak dasar yang harus diperoleh anak, dan kita semua baik orang tua, keluarga, masyarakat, dan pemerintah harus menjamin hak-hak dasar anak terpenuhi, Ungkapnya. [*]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *