Inovasi Desa, Destinasi Wisata Sawah

  • Bagikan

Oleh : Adnin A Salam (Wakil Ketua I DPD KNPI Aceh)

KABARANDALAN.COM, LHOKSEUMAWE – Beberapa hari lalu, saya melakukan kunjungan ke Wilayah Lhokseumawe dan Aceh Utara. Usai kunjungan, saya mendapat undangan dari rekan-rekan yang telah 20 tahun tidak bertemu agar menyempatkan waktu untuk berkunjung ke sebuah destinasi wisata baru di desanya yaitu Wisata Sawah, lokasinya berada di Desa Mane Kareung, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

Kunjungan tersebut saya lakukan usai bersilaturrahmi dengan ketua DPD II KNPI Kota Lhoekseumawe dan Aceh Utara.

Lokasi wisata sawah itu dibangun di atas hamparan persawahan milik masyarakat setempat dengan sumber Anggaran dari Dana Gampong yang dikembangkan dibawah program Badan Usaha Milik Gampong (BUMG), saya bangga kepada rekan-rekan saya para pemuda yang turut hadir bersama aparatur gampong dalam pembangunan Gampongnya.

Baca Juga:  Perkuat Kerja Sama, Delegasi Pemerintah Aceh Kunjungi Kawasan Wisata Milik Murban Energy

Pembangunan destinasi yang elok nan mempesona itu mulai dibangun sejak awal tahun 2020, buah pikiran Geuchik desa mane kareung setelah ia melakukan kunjungan study banding ke Daerah Pematang Siantar – Sumatera Utara pada tahun 2019 lalu.

Pembangunan ini diperkirakan baru selesai dikerjakan 60% dan lokasi wisata ini dibuka percobaan sejak sepekan lalu, hal ini harus dilakukan karena alokasi anggaran lanjutan terhenti akibat covid-19, meskipun belum dibuka secara peresmian formal.

Baca Juga:  The Light of Aceh Kembali Bersinar di Bali

Kini, Desa Mane Kareung menjadi destinasi wisata baru dan memiliki potensi cukup besar terhadap pendapatan asli desa, hal seperti ini harus terus digalakkan dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Aceh untuk berinovasi, tidak hanya di bidang wisata tentunya.

Menuju desa mandiri memang butuh kreatifitas, memanfaatkan potensi daerah untuk menjadi sumber pendapatan Gampong. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh sebuah Gampong dengan mengelola ADG secara produktif, tidak hanya bertumpu pada program pembangunan fisik semata.

Baca Juga:  Segera Copot Jabatan Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan

Saya yakin bahwa telah banyak gampong di Aceh melakukan pembangunan produktif semacam ini dalam bidang lain namun tidak tepublis seperti lokasi Wisata Sawah yang begitu cepat viral di media sosial.

Dari segi pengelolaan, pihak Gampong Mane Kareung juga menerapkan prinsip-prinsip islami sesuai dengan aturan syariat yang berlaku di Wilayah tersebut.

Bagi yang merasa penasaran bisa langsung mengunjungi lokasi Wisata Sawah tersebut, di buka mulai pagi sampai sore hari…[*]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *