Kru Seumangat… Tiga KMP Aceh Hebat Siap Berlayar

  • Bagikan

Oleh : Dr. Murni, S.Pd,I., M.Pd

KABARANDALAN.COM, BANDA ACEH – Alhamdulillah, di penghujung tahun 2020 kado istimewa untuk Pemerintah Aceh dan juga seluruh lapisan masyarakat Aceh bahwa dua dari tiga unit Kapal Motor Penumpang (KMP) Roro Aceh Hebat sudah tiba di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh. Didahului oleh KMP Aceh Hebat 2 pada hari Sabtu 19 Desember 2020 sekitar pukul 04.00 WIB. Kapal Motor Penumpang (KMP) ini diproduksi dari Bangkalan, Madura, Jawa Timur. KMP Aceh Hebat 2 yang (berbobot 1.100 GT) ini nantinya akan melayani pelayaran rute Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh – Pelabuhan Balohan Sabang dan sebaliknya.

Lalu, pada hari Senin 28 Desember 2020, KMP Aceh Hebat 3 juga tiba di Pelabuhan Ulee Lheue sekitar pukul 09.30 WIB. Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 3 adalah buatan Galangan PT. Citra Bahari Shipyard, Tegal, Jawa Tengah. Kapal (berbobot 600 GT) akan melayani rute penyeberangan Singkil – Pulau Banyak dan sebaliknya.

Baca Juga:  Terpilih Secara Aklamasi "Falgunari, SE" Optimis Kembangkan FAJI Bener Meriah

Saat ini, kita sedang menunggu kedatangan KMP Aceh Hebat 1 (berbobot 1.300 GT) yang dikerjakan PT. Multi Ocean Shipyard di KEPRI (Kepulauan Riau), nantinya akan melayari lintasan Barat ke Pulau Simeulue. KMP Aceh Hebat 1 merupakan kapal terbesar di antara dua kapal lainnya.

Dengan kehadiran Tiga KMP Aceh Hebat 1, 2 dan 3 maka, cita-cita Pemerintah Aceh untuk mewujudkan Program Aceh Hebat sudah tercapai. Seluruh elemen rakyat Aceh pun menyambutnya dengan penuh suka cita. Wajar mereka menyambutnya dengan penuh suka cita karena, selama ini Aceh belum pernah memiliki kapal yang dibangun sendiri. Pelayaran di Aceh selama ini hanya dilayani oleh kapal milik ASDP.

Terakhir adalah KMP BRR yang dihibah oleh Kementerian Perhubungan yang melayani rute Balohan Sabang – Ulee Lheue Banda Aceh. Sehingga, kehadiran KMP Aceh Hebat 1, 2 dan 3 menjadi tonggak sejarah baru bagi rakyat Aceh.

Baca Juga:  Nova Iriansyah Tipical Negosiator Ulung Untuk Perdamaian dan Peduli Kesejahteraan Eks GAM

Tiga unit kapal Roro, KMP Aceh Hebat-1, KMP Aceh Hebat-2 dan KMP Aceh Hebat-3 yang bersumber dari APBA 2019 senilai Rp. 178 miliar yang telah selesai diproduksi dan dijadwalkan mulai beroperasi pada awal tahun 2021. Selain untuk mewujudkan transportasi berkeadilan dengan memastikan konektivitas dan aksesibilitas antar wilayah kepulauan, harapan lainnya mampu memperkuat konektivitas maritim di Aceh. Termasuk pengembangan potensi ekonomi wilayah, pariwisata, mengurangi kesenjangan pembangunan antara wilayah daratan dengan kepulauan di Aceh. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah memperlancar kebutuhan evakuasi dan distribusi logistik kemanusiaan dari dan ke wilayah kepulauan di Aceh, mengingat Aceh sebagai daerah yang rawan bencana.

Baca Juga:  Rumah Digusur, Forum Warga Kopelma Darussalam Mengadu ke Anggota DPRA

Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk merawat KMP Aceh Hebat 1, 2, dan 3 dengan sebaik-baiknya agar masa pemakaiannya sesuai target, serta memberikan manfaat yang besar bagi daerah dan masyarakat Aceh. Seluruh rakyat Aceh harus ada rasa memiliki sehingga terbangun kesadaran untuk merawat kapal-kapal Aceh Hebat dengan baik. Selain itu, Nova Iriansyah juga memberikan Tips bagaimana cara merawat kapal-kapal tersebut yaitu dengan mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku dan turut menjaga kebersihan pada saat menumpangi kapal. Kapal yang dibeli dengan uang rakyat tersebut bisa dinikmati oleh rakyat Aceh hingga 30 tahun ke depan dan dapat dimanfaatkan oleh generasi penerus Aceh di masa akan datang. Semoga !

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *